WSL Krui Pro 2022, Sandiaga Uno: Tak Perlu Keluar Duit Sampai Triliunan Rupiah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, lokasi berlangsungnya World Surf League atau WSL Krui Pro 2022 di Pesisir Barat Lampung merupakan salah satu spot selancar terbaik dunia.

WSL Krui Pro 2022 berlangsung mulai 11-17 Juni 2022.

“Ini bukan kaleng-kaleng.

Ini spot yang terbaik di dunia,” kata Sandiaga Uno saat membuka Kejuaraan WSL Krui Pro 2022 di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Sabtu, 11 Juni 2022.

“Tidak perlu membangun sirkuit, tidak perlu mengeluarkan anggaran yang hingga triliunan rupiah karena Allah telah memberikan alam yang indah di Pesisir Barat Lampung.” Pantai di Pesisir Barat, Lampung ini terkenal dengan ombaknya yang bagus untuk berselancar.

Ombak Pantai Tanjung Setia memiliki ketinggian sekitar 6-7 meter dan memiliki ombak yang sangat panjang mencapai 200 meter.

Sebanyak 250 peselancar dari 17 negara akan mengikuti WSL Krui Pro 2022.

Mereka berasal dari Australia, Jepang, Brazil, Italia, Afrika Selatan, Portugal, Filipina, Selandia Baru, Peru, Tiongkok, Korea Selatan, Thailand.

Ada pula dari Swedia, Inggris, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Indonesia.

Sebanyak 12 peserta adalah atlet surfing lokal asal Pesisir Barat, Lampung, yang mendapatkan wildcard.

Sandiaga Uno berharap antusiasme para peserta WSL Krui Pro 2022 dapat menjadi ajang promosi pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pesisir barat ini sangat berpotensi menjadi daya tarik wisata alam dan berselancar menjadi cabang olahraga unggulan,” katanya.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal optimistis wisata olahraga seperti ini mampu menarik perhatian masyarakat dan wisatawan mancanergara untuk datang ke Lampung.

“Modal utamanya adalah kekompakan dan dukungan semua pihak karena WSL Krui Pro 2022 ini dari Pesisir Barat untuk dunia,” ujar Agus.