Cek Ketersediaan Penginapan untuk MXGP Samota di NTB

Motocross Grand Prix atau MXGP Samota akan berlangsung di Sirkuit Rocket International Samota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat sampai Ahad, 24-26 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menyampaikan apa saja kesiapan akomodasi bagi pembalap, tim, sampai para tamu atau penonton.

Pembalap dan tim yang akan datang, menurut dia, sebanyak 245 orang.

Mereka akan menginap di 185 kamar di enam hotel di Sumbawa.

Hotel-hotel itu adalah Hotel Samawa Sea Side Cottage, Transit Hotel, Kaloka Airport Hotel, 99 Balong, Sumbawa Grand Hotel, dan Grand Samota.

“Untuk talent musik dan tim membutuhkan 70 kamar yang sudah kami siapkan,” kata Yusron Hadi pada Rabu, 8 Juni 2022.

Di luar akomodasi untuk pembalap, tim, dan talent musik, menurut dia, sudah terisi sekitar 190 kamar atau 330 tempat tidur.

Adapun jumlah kamar yang masih tersedia sebanyak 338 unit atau 484 tempat tidur.

Mengenai kebutuhan para penonton MXGP Samota, dia melanjutkan, akan tersedia akomodasi berupa tenda yang mampu menampung 2.000 orang di Ai Lemak dan 1.500 orang di Ai Loang.

Para wisatawan juga dapat menginap di permukiman penduduk di lima kecamatan, seperti Moyo Utara, Moyo Hulu, Moyo Hilir, Labuhan Badas, dan Unter Iwes.

Ada pula rencana untuk mendatangkan kapal dari Makassar, Sulawesi Selatan, untuk memenuhi kebutuhan 500 tempat tidur bagi wisatawan.