Peneliti Temukan Kaitan Minum Kopi dan Umur Panjang

Penelitian baru-baru ini menyebut minum kopi dapat berdampak hidup lebih lama, ditambah sesendok gula yang bisa memperkuatnya.

Dilansir dari Web MD, lebih dari 170.000 orang di Inggris yang minum 2-4 cangkir kopi sehari, dengan atau tanpa gula, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada yang tidak minum kopi.

Studi observasional sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara asupan kopi dan pengurangan risiko kematian.

Tetapi mereka tidak membedakan antara kopi yang diminum dengan gula dan yang dikonsumsi tanpa gula.

Untuk mempelajari lebih lanjut, para peneliti beralih ke Biobank Inggris.

Hasil penelitian menunjukkan 55,4 persen peminum kopi tanpa pemanis, 14,3 persen minum kopi dengan gula, 6,1 persen minum kopi dengan pemanis buatan, dan 24,2 persen tidak minum kopi sama sekali.

Peminum kopi selanjutnya diurutkan ke dalam kelompok berdasarkan berapa banyak cangkir kopi yang diminum per hari.

Selama sekitar 7 tahun, 3.177 orang yang diteliti meninggal, termasuk 1.725 orang karena kanker dan 628 karena penyakit jantung.

Setelah memperhitungkan pilihan gaya hidup, para peneliti menemukan peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena sebab apapun, seperti penyakit jantung atau kanker, daripada yang tidak minum kopi sama sekali.

Manfaat ini terlihat di berbagai jenis kopi, termasuk kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein.

Efek perlindungan kopi paling besar pada orang yang minum sekitar 2-4 cangkir sehari di antaranya kematian sekitar 30 persen lebih kecil kemungkinannya, terlepas dari apakah mereka menambahkan gula ke kopi.

Meskipun hasil penelitian menunjukkan menambahkan gula tidak menghilangkan manfaat kesehatan kopi, tetap waspadai minuman manis karena ada hubungan yang diketahui secara luas antara konsumsi gula dan kesehatan yang buruk.

Konsumsi kopi moderat telah berulang kali dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari beberapa penyakit kronis dan kematian tetapi masih belum ada cukup bukti untuk merekomendasikan kopi bagi yang belum meminumnya.

Diperlukan lebih banyak penelitian jangka panjang, idealnya dengan studi yang membandingkan perubahan minum kopi dan hasil kesehatan dari waktu ke waktu.