Michelin Siapkan Ban Ramah Lingkungan untuk Formula E Jakarta

Jakarta akan menjadi tuan rumah perhelatan balap mobil listrik Formula E pada 4 Juni 2022.

Dalam gelaran musim ke-8 Formula E ini, Michelin akan kembali menyuplai ban untuk mobil balap yang akan bertanding.

Sejalan dengan balapan Formula E yang mengusung konsep ramah lingkungan, Michelin turut menghadirkan teknologi dan produk yang juga ramah lingkungan.

Mulai dari produksi ban hingga pengangkutan ban ke titik tujuan Formula E, seluruh prosesnya diklaim mengutamakan netralitas emisi karbon.

“Mengingat alokasi ban yang dimiliki pembalap, kualitas dan performa ban yang konsisten tampil prima menjadi sangat penting, meskipun menggunakan ban yang sama berulang kali,” kata Manager Program Formula E Michelin, Mirko Pirrachio dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Selasa, 31 Mei 2022.

Pirrachio memperkirakan balapan Formula E Jakarta di Ancol diselimuti cuaca panas.

Namun kondisi ini disebut sudah diantisipasi Michelin dan bukan kali pertama ban garapan mereka digunakan untuk menghadapi berbagai kesulitan di medan sirkuit.

Adapun ban yang akan digunakan para pembalap Formula E nanti adalah Michelin Pilot Sport EV.

Ban ini diklaim fleksibel dan tahan lama yang memungkinkan pembalap dapat menerapkan pengaturan dan tekanan ban yang sesuai.

Ban ini juga dilengkapi teknologi connected tyre untuk memudahkan tim Michelin melacak performa ban seperti tekanan ban dari jarak jauh untuk menghasilkan data yang terenkripsi.

Seperti ban yang digunakan pada Le Mans 24 Hours 2021, ban ini diklaim 46 persen terbuat dari bahan yang berkelanjutan seperti karet alam, karbon hitam, serta bahan alami seperti kulit jeruk dan lemon, minyak bunga matahari, resin tumbuhan pinus, serta material baja dari kaleng bekas.

Ban ini merupakan bentuk nyata Michelin untuk memproduksi ban yang sepenuhnya berkelanjutan pada 2050.

Sebagai informasi, Michelin telah menyuplai kebutuhan ban balap Formula E sejak pertama kali kejuaraan ini dilaksanakan pada September 2014.

Selama tujuh musim penyelenggaraan, produsen ban asal Prancis ini telah menghasilkan tiga generasi ban balap dalam ukuran baru.

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.